WHAT'S NEW?
Loading...

Sampah Plastik Di Olah Menjadi Bahan Bakar Alternatif



Sampah plastik walau sering menimbulkan masalah bisa di olah menjadi barang yang bermanfaat. Alif Rahman Hakim dan Niko Abdian Gusti Rahman mereka adalah murid Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari kabupaten Malang Jawa Timur yang telah menciptakan sebuah alat untuk mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat , alat ini terinsipirasi dari banyak sampah plastik yang ada di sekolah mereka. Untuk itu mereka bertekad ingin mengolah sampah plastik supaya dapat di fungsikan dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar dari pada menjadi limbah yang mengotori lingkungan.


Melalui penelitian dan pengerjaan selama 1 tahun dengan total biaya 7 juta rupiah mereka menciptakan sebuah alat pengubah sampah plastik menadi bahan bakar alternatif. Awalnya sampah plastik di pilah pilah dan dibersihkan kemudian di cuci dengan mengunakan air , setelah di jemur matahari hingga kering , plastik tersebut di bakar dalam ketel alumunium selama kurang lebih satu jam. proses pembakaran sampah anorganik tersebut menghasilkan 3 produk bahan bakar yaitu briket plastik, gas , serta bahan bakar minyak cair. Hasil berupa minyak cair tersebutlah yang menjadi target mereka.


Untuk 1 kg sampah platik kurang lebih menghasilkan 200 ml minyak cair, karya mereka ini mungkin menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah plastik yang selama ini menjadi masalah serius di perkotaan.


Alif dan Niko bisa kita jadikan contoh anak muda yg punya motifasi untuk memberikan solusi  dari permasalahan yang ada saat ini dengan sebuah karya yang bermanfaat dan berdayaguna walupun masih dalam lingkup kecil , tapi setidaknya mereka melakukannya dengan tindakan yang nyata. Ayo kawan kawan motifasi diri kalian supaya menjadi orang yang bermanfaat terutama untuk lingkungan sekitar anda sendiri.  TALK LESS DO MORE 





0 comments:

Post a Comment